Thursday, 24 April 2014

Honda C100 DOHC Dry Clutch Takegawa (Honda Grand in Indonesia).mp4

Honda Grand DOHC Hyper bore 350 cc








Satu lagi yang gila dari anak negri..............Honda Grand C100 DOHC
Hyper bore 350 cc buatan Arek-arek  Gersik....tepatnya adalah bengkel AE
SPORT.....Memang motor ini telah lama beredar baik di media cetak mau
pun On line tentunya karna kegilaanya dalam bereksperimen......semua
tidak ada yg serba tanggung...bisa di katakan semua hampir
full-fullan....dari mulai speck , sparepart...sampai CC nya.....IBLJ
yang temui Melalui Obrolan On line dari salah satu teman kita yang
menjadi bagian dari Bengkel AE SPORT yaitu saudara AlendyFit
Kitaco Nama di FB....mungkin sebagian teman-teman Grup PANJAHAT BORE
UP  salah satu komunitas balap indonesia pun sudah
mengenalnya......namun soal spek motor ini mungkin masih sedikit yang
tau...termaksud admin....hehehe...so kasat mata tidak ada yang tau kalo
dalemnya pun sudah ekstrem seperti ubahan luarnya.......


coba kita tebak hal yang paling umum.....kira-kira pake piston apa ya ,.....ukurannya berapa.....?????


66,70,71,72,74........????


proses diawali dengan mmbuat dudukan blokdi crankcase grand sesuai dg
bntuk paking blok FU.....waktu itu pembuatan ''daging'' baru di crankcase
tebalnya di patok 4cm buat jaga'-jaga seberapa panjang nantinya stroke yg akan digunakan
juga mengatur sudut derajat blok kop nantinya...... biar ga 2x kerja ....Jelas bro AlendyFit Kitaco...



Kembali
ke piston....diameter yang di usung ga tanggung-tanggung sob.....yaitu
berdiameter 78....piston ini menggunakan Honda CRF 250....diameter
segini belum familyar untuk daerah jakarta....




proses pengelasan
memakan waktu kurang lebih 4 bulan (maklum tukang lasnya jg bnyak kerjaan bukan
ngegarap si Goldy (motor) aja.......mana tu proyek perdana tukang lasnya bikin grand head FU...,ucap bro alendy.....hehehe).....

Setelah  semuanya selesai ,baru deh proses ''merusak''.











Tung itang itung........ dengan rumus ketemu 350cc stroke wajib 72mm dan
dengan bantuan stang seher RXZ diputar as kruk ymaha MX yg
dimodif ulang dan sudut blok digeser +/- 7 drajat dari asli
grand...........karna seher yg
dipake kelewat gajah........klep aseli FU pun di ganti dengan klep
Yamaha
YZ250F berbahan titanium ......penggantian klep ini pun bukan
tanpa alasan ......karna si Goldy(motor) sudah tidak menggunakan dinamo
starter makanya
pemakaian klep gambot pun sangat membantu buat stater kaki agar llebig
enteng .bukan hanya di buat pusing oleh blok kopnya pengantian daleman
alias
rasio,perangkat kupling dll ikut kena imbas......sayang aja gitu depnnya
serem
rasionya memble hehehe.....dari pengalaman sebelumnya (masih kopling
basah
biasa) yg mengandalkan rumah kopling Honda XR400 dirasa kurang sesuatu
gitu (Sahrirni banget bro....hehehe)........,maka seperangkat Kopling
Kering made in Japan TAKEGAWA dipassangkan
kebagian rongga perut si goldy....... 6 speed close ratio + hydrolic dry

clutch (kopling kering hydrolic)......Beres menginstal semuanya giliran
maen di pengapian. Magnet spul
tiger revo dengan otak pengapian CDI Pro Drag RR menyalurkan api K koil
YZ 125
dan diteruskan ke busi iridium yg bertugas membakar bensol blue diruang
bakar yg
sudah dikabutkan dengan karburator Keihin FCR41...... Bertugas memantau
putaran mesin yang
bekerja adalah takometer Koso RX1N setia menyajikannya......Nah benerkan
dalemanya juga edan sama kaya tampilan luarnya....





Nah Biar lebih mantap untuk mengobati rasa penasaran......

Yu kita saksikan langsung Video dengan gemuruh suaranya.......BLLLLEEEGGGGGERRRRRRR....















Berikut spesifikasinya :

  • Piston CRF 250


  • Stang seher/piston RXZ

  •  Kruk As Jupiter MX

  •  Klep YZ 250

  •  kopling kering Takegawa

  •  CDI REXTOR  PRO DRAG

  •  Carburator FCR 41
  • Koil YZ 125



  • Takometer Koso RX1N


No comments:

Post a Comment