Tip's Kopling Satria Fu biar ngacir
Setelah
jedah beberapa saat IBLJ kembali mencari-cari bahan ulasan yang
sekiranya sangat penting untuk di bahas...kali ini IBLJ akan membahas
masalah Kopling pada satria Fu agar lebih mantap....tentunya tip's yang
IBLJ dapat bukan dari sembarang sumber...pastinya tip's-tip'snya sudah
ter uji langsung pada motor-motor buatannya.....salah satumotor buatanya
adalah motor satria fu 30 DK yang sebelumnya pernah di Ulas di IBLJ ini
dia penanpakan motornya
ok langsung saja kita ikuti langkah-langkah dari OM LONDO TRB
....Untuk
mesin yang sudah mengalami peningkatan performa,jangan abaikan masalah
pada koplingnya.Karena kopling adalah salah satu bagian yang vital untuk
menyalurkan tenaga dari kruk as menuju Rasio dan diteruskan pada roda
belakang melalui gear dan rante..
Bukan
rahasia lagi kalau untuk memperbaiki performa kopling kemudian akan
memasang per kopling Aftermarket,atau dikalangan "Allay" sering disebut
per Racing (Ra beres bikin pusing sebut om LONDO) Hasilnya memang
lumayan sih, tapi biasannya gak tahan lama......kemudian efek negatifnya
jari tangan jadi keker karena sering menarik kopling yg lumayan berat
hehehe...
Tips
pada umumnya mungkin sebagian sudah pada tau..... yaitu denga menambah
lagi kampas kopling dan plat geseknya masing-masing satu biji.....Tapi
sayangnya gak bisa langsung bisa dipasang PNP (plug and play) bagian
Center Cluth luar dan dalam harus dibubut masing2-masing 1,5mm
dan bagian yang bersentuhan dengan kampas kopling dibubut 1,5mm
Kalau
modif kopling yang seperti ini menurut pengalaman saya tetap kurang
mumpuni sebut om LONDO.... dikarenan power mesin yg sudah
edan-edanan........nah untuk itu saya akan mencoba untuk membagi-bagikan
tip's dan trik bagi yang membutuhkan...
Coba ikuti langkah berikut ini :
Gantilah
pake per kopling dengan punya motor suzuki smash....tapi karena dimensi
per kopling smash lebih gede dari per kopling FU,jadinya per gak bisa
masuk ke lubang dudukan kopling....
Solusinya
besarin aja lubang dudukan per kopling itu,bawa ke tukang bubut
beres....sehingga per kopling smash bisa masuk sempurna seperti di bawah
ini.
Dengan trik ini tarikan kopling masih nyaman buat jari kita.dan kita terbebas dari masalah kopling slip.
tip's ini pun bisa di kombinasikan dengan menambahkan kampas kopling seperti diatas....
untuk masalah tenaga gimana ? tetep ngacirr hhe
ReplyDelete