Tiga Hal Bikin Kawasaki Ninja Makin Garang
Tiga Hal Bikin Kawaski Ninja Makin Garang
Kawasaki
Ninja. Mendengar namanya saja udah kebayang kekuatan nih motor. Sejak
kemunculannya dan terus berjaya didunia balap liar dan resmi di tanah
air, membuat nama Ninja makin berkibar. Jangankan untuk balap, untuk
harian aja, tenaga nih motor dengan mesin standarnya udah sangat
mumpuni. Tinggal seberapa berani penunggangnya menarik pedal gas sampai
mentok.
Kendati
demikian, masih ada bikers yang punya nyali besar dan merasa gak puas
sama lari si Ninja. Nah untuk itu, bengkel D2M Hasil Kebon yang udah
berdiri sejak tahun 99 dan terjun di dunia balap pake Kawasaki Ninja,
punya cara sendiri bikin Kawasaki Ninja makin garang dengan mesin
standar nya.
“Ninja
RR kalau hanya untuk harian agar lebih enteng cukup lakukan tiga hal,
pertama naikit pilot jet nya jadi 25. Dan untuk mengejar hasil yang
lebih maksimal, kenalpot standarnya diganti pake knalpot kolong dan
rubah timing pengapian dengan sedikit dimajukan,” jelas Didi Nurhadi.
Terus
kalau Ninja R gimana? perlakuan buat Ninja R gak jauh beda dengan Ninja
RR, cuma untuk Ninja R, pilot jet nya pake yang ukuran 52 atau 55.
Kalau
sudah dilakukan perubahan seperti diatas tapi masih gak puas? Ganti
karburatornya pake karburator PE. Tapi kalau mau tetep pake karburator
bawaannya Ninja, rubah pilot jet, timing pengapian dan porting. Jika hal
ini sudah dilakukan, Didi menjamin kecepatannya bisa tembus angka 200
km/jam dengan kondisi gas belum mentok, alias masih bisa ditingkatkan
lagi.
“Kalau
mau bener-bener kenceng dan maksimal banget, ganti karburatornya pake
PE 28 buat maksimalin di tarikan bawah, rubah timing pengapian dan
porting. Gw jamin lari 200 km/jam aja mah gas belum mentok,” jelas Didi
lagi.
“Dengan
mesin standarnya Ninja RR jelas lebih galak dari Ninja 250, apalagi
kalau udah lakukan perubahan seperti tadi, makin gampang lah ngalain
Ninja 250,” pungkas Didi.
Hal
Serupa juga diakui Safiih yang akrab disapa Jeck sang mekanik dari
bengkel 7 saudara. “Kalau Ninja RR standarnya mah udah bisa ngalahin
Ninja 250. Tapi kalau mau lebih galak cukup ganti knalpot dan seting
karburator,” jelasnya.
Masalah
yang sering terjadi pada motor Kawasaki Ninja terutama keluaran tahun
2007 keatas biasanya katupnya sering macet. Untuk mengatasi masalah ini
agar bisa mendukung rubahan tadi, tinggal naikkan setelan pompa oli biar
sedikit boros. Hal ini dimaksudkan agar katup gak gampang kering.
Kawasaki Ninja. Mendengar
namanya saja udah kebayang kekuatan nih motor. Sejak kemunculannya dan
terus berjaya didunia balap liar dan resmi di tanah air, membuat nama
Ninja makin berkibar. Jangankan untuk balap, untuk harian aja, tenaga
nih motor dengan mesin standarnya udah sangat mumpuni. Tinggal seberapa
berani penunggangnya menarik pedal gas sampai mentok.Kendati demikian, masih ada bikers yang punya nyali besar dan merasa gak puas sama lari si Ninja. Nah untuk itu, bengkel D2M Hasil Kebon yang udah berdiri sejak tahun 99 dan terjun di dunia balap pake Kawasaki Ninja, punya cara sendiri bikin Kawasaki Ninja makin garang dengan mesin standar nya.
“Ninja RR kalau hanya untuk harian agar lebih enteng cukup lakukan tiga hal, pertama naikit pilot jet nya jadi 25. Dan untuk mengejar hasil yang lebih maksimal, kenalpot standarnya diganti pake knalpot kolong dan rubah timing pengapian dengan sedikit dimajukan,” jelas Didi Nurhadi.
Terus kalau Ninja R gimana? perlakuan buat Ninja R gak jauh beda dengan Ninja RR, cuma untuk Ninja R, pilot jet nya pake yang ukuran 52 atau 55.
Kalau sudah dilakukan perubahan seperti diatas tapi masih gak puas? Ganti karburatornya pake karburator PE. Tapi kalau mau tetep pake karburator bawaannya Ninja, rubah pilot jet, timing pengapian dan porting. Jika hal ini sudah dilakukan, Didi menjamin kecepatannya bisa tembus angka 200 km/jam dengan kondisi gas belum mentok, alias masih bisa ditingkatkan lagi.
“Kalau mau bener-bener kenceng dan maksimal banget, ganti karburatornya pake PE 28 buat maksimalin di tarikan bawah, rubah timing pengapian dan porting. Gw jamin lari 200 km/jam aja mah gas belum mentok,” jelas Didi lagi.
“Dengan mesin standarnya Ninja RR jelas lebih galak dari Ninja 250, apalagi kalau udah lakukan perubahan seperti tadi, makin gampang lah ngalain Ninja 250,” pungkas Didi.
Hal Serupa juga diakui Safiih yang akrab disapa Jeck sang mekanik dari bengkel 7 saudara. “Kalau Ninja RR standarnya mah udah bisa ngalahin Ninja 250. Tapi kalau mau lebih galak cukup ganti knalpot dan seting karburator,” jelasnya.
Masalah yang sering terjadi pada motor Kawasaki Ninja terutama keluaran tahun 2007 keatas biasanya katupnya sering macet. Untuk mengatasi masalah ini agar bisa mendukung rubahan tadi, tinggal naikkan setelan pompa oli biar sedikit boros. Hal ini dimaksudkan agar katup gak gampang kering.
#Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor.
No comments:
Post a Comment