Korek Harian Honda CS1 235 cc DOHC
1. Piston Hi Speed dengan diameter 69 mm
Piston Hi Speed dengan diameter pin 15 mm. Harga sekitar 350 ribu
rupiah. Untuk blok mesin menggunakan milik CBR 150 dengan proses ganti
liner. Rasio kompresi mesin dibuat 11.0 : 1 agar dapat meminum premium.
piston Hi Speed 69 mm |
2. Kruk as Tiger
Stroke kruk as Tiger adalah 62,2 mm dengan penyesuaian pada lengan kiri
dan kanan. Dengan langkah 62.2 x diameter 69 mm, maka kapasitas mesin
didapat 232.7 cc.
kruk as Tiger |
3. Blok + Kop Honda CBR 150
Blok mesin menggunakan milik CBR 150 dengan proses ganti liner
menyesuaikan diameter piston. Liner menggunakan milik diesel agak tebal
agar tidak mudah panas. Selain itu, tebal liner pada bagian atas yang
dekat dengan water jacket harus diatur ulang. Liner sedikit lebih tipis
agar tetap ada ruangan untuk pendinginan radiator.
tampak kiri |
Jangan lupa, piston pasti lebih keluar dan diwajibkan menggunakan paking
aluminium. Paking aluminium yang digunakan tebal, sekitar 2.5 cm alias
25 mm dan harus selembar. Silahkan ukur ulang agar paking tidak terlalu
tebal maupun terlalu tipis. Kop standar CBR 150 sudah menganut sistem
DOHC agar menjamin putaran atas yang lebih maksimal.
tampak kanan |
4. Klep 28 mm (in) dan 23 mm (ex)
Klep standar Honda CBR 150 adalah 24/21 mm dengan jumlah klep 2 isap dan
2 buang. Klep diperbesar dengan diameter klep masuk 28 mm agar nafas
putaran atas lebih kuat diimbangi dengan klep buang 23 mm.
ilustrasi super head DOHC |
5. Karburator PE 28 reamer
Karburator Keihin Pe28 direamer hingga 30 mm agar sanggup menyuplai
pasokan bahan bakar ke dalam mesin. Setting karburator harus dicari
hingga pembakaran merata hingga busi berwarna merah bata. Kira-kria PJ
#48 dan MJ #130.
pe 28 reamer |
6. Knalpot Costum
Knalpot diwajibkan lebih lepas dalam proses membuang gas sisa
pembakaran. Untuk hal ini dapat langsung menggunakan knalpot aftermarket
freeflow atau handmade.
knalpot aftermarket |
7. Noken as Costum
Durasi dapat dibuat 270ยบ agar power mesin keluar di RPM tinggi. Spek ini
dapat digunakan untuk touring karena nafas tidak habis-habis.noken as |
getaran mesin terasa keras
ReplyDeleteGan kalo ini bisa buat harian kah??
ReplyDeleteItu kira2 habis brp duit gan??
Hasilnya gimana gan?
ReplyDeleteBengkel agan dimana yg bisa upgrade mesin gini, dan kira2 habis berapa gan?
Bos masang blok cbrnya memang udah pnp ya.....??
ReplyDelete