Modif Piston sudah ada dari tahun 1930
Rekondisi mesin yang di lakukan oleh salah satu penghoby motor lawas asal USA ini ternyata dari bongkahan mesinnya banyak menceritakan masa-masa kejayaan teknologi saat itu ....komponen partnya tergolong masih berbentuk utuh dan rapih meski ada karat nempel sana-sini....salah satunya bentuk modif pistonnya....dari sisa bentuk yang di tinggalkan serasa kita langsung bisa membayangkan melalui imaginasi keadaan hiruk pikuk pada masa itu
Wajar jika jaman kuda gigit besi harus banyak akal untuk memaksimalkan suatu part karna keterbatasan perangkat, material dan pengetahuan...lain dengan keadaan sekarang yang serba ada...ternyata sejak dulu modifikasi mesin bisa di bilang tergolong ekstrem...seperti penampakan pada gambar piston di atas....hehehe berarti kalo di pikir-pikir kebanyakan dari kita yang modif mesin sekarang hanya mengulangi sejarah....semua hal yang pernah di lakukan para modifikator mesin saat ini sudah pernah di lakukan jauh sebelum orang tua kita ada....bahkan sebelum adanya motor Honda widih....
Meski pada saat itu rpm motor tidak begitu tinggi seperti motor-motr
saat ini namun tenaga dan kecepatan yang di hasilkan tergolong
fantastis.....piston berlubang-lubang tersebut mampu berlari 260 km/jam
pada 5000 rpm ...rpmnya sangat rendah jika di banding motor jaman
sekarang yang rata-rata di atas 8000 untuk motor versi
standar....terlihat ciri khas dari sebuah piston pada era tersebut hanya
memiliki 2 buah ring compresi tidak ada ring oli nya...di tambah juga
bentuk mahkota piston yang cembung kebawah dan di tengah-tengahnya
berbentuk jenong...
Ternyata logika dan pemikiranya tidak jauh berbeda dengan saat ini yang membedakan hanya kondisinya...semoga terinspirasi....
No comments:
Post a Comment